KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa Penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT yang dengan Kuasa-Nya telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya kepada setiap hamba yang Dia kehendaki.
Setelah dengan kesungguhan hati, maka
selesailah penulisan makalah ini dengan judul “KONSEP DASAR PEMROGRAMAN JAVA
BERORIENTASI PADA OBYEK” ”, yang diajukan sebagai salah satu tugas dari mata
kuliah Pemrograman terstuktur.
Penulis menyadari sedikit keberhasilan
ini tidak akan terwujud tanpa keterlibatan semua pihak atau orang-orang
terdekat sehingga selesailah penulisan makalah ini. Untuk itu, Penulis
berkesempatan ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada :
Ibu Elly Muiningsih, S.Kom, selaku dosen mata kuliah pemrograman
terstruktur atas bimbingan dan petunjuk dalam pembuatan makalah ini.
Bapak/Ibu yang telah memberikan segala dukungannya.
Kepada semua pihak yang tidak dapat Penulis sebutkan, terima kasih atas
bantuan dan dukungannya dalam penulisan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa penyusunan
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dengan segala kerendahan hati,
Penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun bagi perbaikan
penulisan makalah ini.
Yogyakarta,
8 November 2009
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL…………………………………………………………………… 1
KATA
PENGANTAR…………………………………………………………………. 2
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………………….. 3
BAB
1
PENDAHALUAN………………………………………………………………..
4
a.
Visi
java……………………………………………………………………….. 4
b.
Karakteristik
java…………………………………………………………. 5
c.
Java di
indonesia…………………………………………………………. 6
BAB
2
PEMBAHASAN…………………………………………………………………
7
a.
Pengertian
java…………………………………………………………… 7
b.
Sejarah
Java……………………………………………………………….. 8
BAB
3
MEMBUAT
PROGRAM…………………………………………………… 9
a.
Mengcompile
Program……………………………………………… 9
1.
Ketika Proses
Kompilasi (Compile-time error)…………………………
10
2.
Ketika
Menjalankan Program (Run-time Errors)……………………..
10
3.
Kesalahan
lain……………………………………………………………………….. 11
BAB IV
PENUTUP……………………………………………………………………….
15
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pesatnya teknologi, terutama teknologi komputer sudah tak bisa
dipungkiri lagi, bagi yang mengikuti perkembangannya, ia tidak akan dipandang
sebelah mata. Sebaliknya, bagi yang tidak mengikuti perkembangannya, bersiaplah
untuk mundur secara suka rela dari panggung kompetisi. Ibarat wabah, teknologi
komputer sudah menyusupi hampir semua bidang kehidupan manusia. Dari pemerintah
pusat sampai tingkat pemerintah desa, perusahaan-perusahaan, supermarket,
minimarket, perguruan tinggi, SLTA, SLTP, bahkan SD hamper semuanya mengenal
komputer.
Saat ini, yang mempunyai lingkungan yang semakin luas dan banyak
diminati, juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang adalah dunia pemrograman komputer. Dalam
dunia pemrograman komputer, dikenal banyak bahasa pemrograman, seperti C, C++,
Pascal, Basic, Java, dan lain-lain. Di antara banyaknya bahasa pemrograman,
Java adalah salah satu yang paling diminati. Oleh karena itulah, yang akan
dibahas dalam makalah ini adalah bahasa pemrograman Java.
a) Visi Java
Java pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 sebagai bahasa
pemrograman umum (general purpose programming language) dengan kelebihan dia
bisa dijalankan di web browser sebagai applet. Sejak awal, para pembuat Java
telah menanamkan visi mereka ke dalam Java untuk membuat piranti-piranti yang
ada di rumah (small embedded customer device) seperti TV, telepon, radio, dan
sebagainya supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Tentu saja jalan menuju
visi ini tidak mudah untuk ditemukan apalagi untuk ditempuh. Langkah pertama
yang diambil oleh Sun Microsystem adalah dengan membuat JVM (Java Virtual
Machine) yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk JRE (Java Runtime
Environment). JVM adalah lingkungan tempat eksekusi program Java berlangsung
dimana para objek saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Virtual Machine
inilah yang menyebabkan Java mempunyai kemampuan penanganan memori yang lebih
baik, keamanan yang lebih tinggi serta portabilitas yang besar.
Apabila kita hanya ingin menjalankan program Java, maka kita cukup
memiliki JRE saja. Tapi seandainya kita ingin mengembangkan perangkat lunak
sendiri, JRE saja tidak cukup. Untuk lebih meningkatkan produktivitas
pengembang perangkat lunak, Sun juga meluncurkan SDK (Standard Development Kit)
yang berisi kakas dan API untuk membuat program aplikasi berbasis Java. Pada
tahun 1999 Sun meluncurkan J2EE (Java 2 Enterprise Edition) sebagai framework
untuk membuat aplikasi enterprais berskala besar. Pada tahun 2001, Sun
meluncurkan J2ME yang kelak menjadi salah satu standard pemrograman di dalam
PDA maupun handphone. Komunitas OpenSource sendiri mempunyai platform yang
disebut dengan Jini untuk merealisasikan visi awal dari Java.
b) Karakteristik Java
• Sederhana, semudah C
dan seampuh C++: berlawanan dengan anggapan orangorang bahwa bahasa Java sulit
untuk dipelajari, Java gampang untuk dipelajari terutama untuk orang yang sudah
mengenal pemrograman tapi belum terlalu terikat pada paradigma pemrograman
prosedural. Tentu saja ini berarti bahwa kita harus siap mempelajari salah satu
teknologi yang berkembang paling cepat di dunia dalam dua tahun terakhir ini
dengan banyak membaca tentunya baik dari buku maupun melalui web.
• Sangat berorientasi
objek (OOP) dengan implementasi yang sangat baik sehingga kita bukan hanya
belajar bagaimana membuat program yang baik (reusable, scalable, dan
maintanable) tetapi juga kita belajar bagaimana cara berfikir yang baik untuk
mengenali struktur masalah yang sedang kita hadapi dan memecahkannya secara sistematis dengan
pola-pola tertentu (patterns). Bahasa berorientasi objek biasanya mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut:
o Abstraksi yang baik
untuk memudahkan pemahaman dan komunikasi.
o Enkapsulasi:
penyembunyian informasi dari pihak-pihak yang tidak memerlukannya sehingga
kompleksitas tetap tertangani dengan baik.
o Pewarisan dan polymorphism,
teknik yang menyebabkan objek menjadi modular dan mudah untuk dicopot dan
dipasang objek yang lain
o Komposisi dan
Interface, berguna untuk membuat tingkat kopling yang lebih rendah dan struktur
hirarki objek-objek yang rapih sehingga kita bias mengintegrasikan
komponen-komponen untuk membuat sistem yang besar.
• OpenPlatform, Write
Once Run Anywhere (WORA), portabel atau multi platform, program yang kita buat
dapat dijalankan di Windows, Linux/Unix, Solaris, dan MacIntosh tanpa perlu
diubah maupun di kompilasi ulang. Java adalah juga bahasa yang paling sesuai
digunakan bersama dengan XML yang membuat data menjadi portabel, ini karena
kelahiran XML tidak terlepas dari dukungan parser-parser berbahasa Java. Selain
itu Java turut serta dalam mengkonvergenkan protocol menjadi Open protokol
yaitu IP (Internet Protocol) terutama dalam Micro Java
• Arsitekturnya yang
kokoh dan pemrograman yang aman didukung oleh komunitas Open Source (ketiga
terbesar setelah C dan C++ di SourceForge.net dan implementasi bahasa Java
sudah menjadi milik umum). Dalam Java program yang kita buat tidak mudah untuk
“hang” karena konflik pada memori biasanya diselesaikan dengan mengumpulkan
objek-objek yang sudah tak terpakai lagi secara otomatis oleh garbage
collector. Penanganan kesalahan juga dipermudah dalam Java dengan konsep
Exception.
• Bukan sekedar bahasa
tapi juga platform sekaligus arsitektur. Java mempunyai portabilitas yang
sangat tinggi. Ia dapat berada pada smartcard, pager, POS (Point of Service),
handphone, PDA, palm, TV, Embedded device (PLC, micro controller), laptop, pc,
dan bahkan server). Menyadari akan hal ini (one size doesn’t fit all) Sun
membagi arsitektur Java membagi tiga bagian, yaitu:
1. Enterprise Java
(J2EE) untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar dengan beraneka
ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan superset dari Standar
Java
2. Standar Java (J2SE),
ini adalah yang biasa kita kenal sebagai bahasa Java, dan merupakan fokus kita
sekarang.
3. Micro Java (J2ME)
merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai
adalah untuk wireless device / mobile device
c) Java di Indonesia dan Dunia
Di negeri dimana asal nama bahasa ini di ambil, bahkan di pulaunya
sendiri yang banyak memiliki SDM di bidang IT, Java kurang populer bila
dibandingkan dengan VisualBasic, Delphi dan Visual C++. Hal ini mungkin
disebabkan oleh tidak adanya kemauan yang kuat dari kita untuk menjadi mandiri
dalam bidang software. Tahukah anda bahwa tidak kurang dari 50% software-software
di Amerika di impor dari negara-negara Asia terutama India dan Cina. Visual
Basic dan Delphi masih memegang posisi teratas untuk client-side programming,
sedangkan untuk server-side, Java telah mengambil alih hampir seluruh market.
Bisa dilihat dari produk-produk Application Server yang semuanya harus memenuhi
persyaratan J2EE compliance seperti IBM Web Sphere, Oracle Application Server,
BEA WebLogic, Sun iPlanet ApplicationServer, JBoss dan lain-lain. Karena
portabilitasnya yang sangat tinggi maka Java merupakan platform yang ideal
untuk dapat beralih ke OpenSource. Ini berarti perusahaan tidak kehilangan
investasinya dalam perangkat lunak yang mahal dan sulit untuk di buat ulang.
Contohnya sekarang ini banyak sekali perusahan yang memakai sistem operasi
maupun aplikasi umum yang illegal (bajakan), kemudian perusahaan itu
mengembangkan aplikasi sendiri yang berjalan pada sistem operasi maupun pada
aplikasi office bajakan tersebut. Seandainya nanti peraturan semakin ketat,
hukum ditegakkan maka perusahaan itu mempunyai pilihan untuk membayar lisensi
atau menggunakan produk-produk gratis dari OpenSource, seperti Linux dan
OpenOffice.
B. Tujuan Penulisan
Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh kami dalam penulisan
makalah tentang bahasa pemrograman java ini. Beberapa tujuan tersebut
antara lain:
• Mempelajari dan
memehami mengenai bahasa pemrograman
java.
• Mempalajari dan memahami tentang
struktur fitur dan kegunaannya yang
terdapat dalam bahasa pemrograman pascal.
• Mempelajari dan
memahami tantang kegunaan dan tatacara dalam struktur fitur yang ada dalam
bahasa pemrograman java.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN JAVA
Java menurut definisi dari Sun adalah mana untuk sekumpulan teknologi
untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer stand alone ataupun
pada lingkungan jaringan. Java 2 adalah generasi kedua dari java platform. Kata
berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi mana Java Virtual Machine
(JVM). JVM inilah yang akan membaca bytecode dalam file.class dari suatu
program sebagai representasi langsung dari program yang berisi bahasa mesin.
Oleh karena itu, bahasa java disebut
sebagai bahasa pemrograman yang portable karena dapat dijalankan
pada berbagai sistem operasi, asalkan
pada sistem operasi tersebut terdapat JVM. Agar sebuah program Java dapat
dijalankan, maka file dengan ekstensi, java harus dikompilasi menjadi file
bytecode. Untuk menjalankan bytecode tersebut dibutuhkan JRE (Java Runtime
Environment) yang memungkinkan pemakai untuk menjalankan program Java, hanya
menjalankan, tidak untuk membuat kode baru lagi. JRE berisi JVM dan library
Java yang digunakan. Java memiliki beberapa versi library atau teknologi yang
disebut juga sebagai edisi dari bahasa pemrograman Java. Tiga edisi utama dari
library tersebut adalah Micro, Standard, dan Enterprise. J2ME (Java2 Micro
Edition) merupakan edisi library yang dirancang untuk digunakan pada device
tertententu seperti pagers dan mobile phone. J2SE (Java2 Standard Edition) merupakan
edisi library yang dirancang untuk membuat aplikasi desktop atau applet pada
web browser. J2EE (Java2 Enterprise Edition) merupakan edisi librari Java yang
dirancang untuk membuat sebuah aplikasi enterprise yang memerlukan antarmuka
dengan sumber data (data source) atau dapat pula dikatakan bahwa J2EE adalah
kelompok yang lebih besar dengan J2SE di dalamnya.
B. SEJARAH JAVA
Bahasa Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang
berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek
tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek inidimotori oleh
Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan
pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah
maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di
sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas
1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama,
yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar
sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini
dinamai "*7" (Star Seven). Setelah era Star Seven selesai, sebuah
anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green
Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100
Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan
meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini
juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan
ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan
rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka
menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat
perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an,
Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi
Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi
1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali
pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi
perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel
Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George
Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape. Nama
Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja
"bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi
release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang
tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini
diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan
Gosling
Pernyataan Switch
· Pernyataan Switch
satu-satunya jenis pernyataan yang mengimplementasikan java multiway
percabangan
v Ketika pernyataan switch
dievaluasi, salah satu jumlah cabang pilihan yang berbeda untuk menjalankan
cabang
v ditentukan dengan
mengendalikan ekspresi yang ditutupi dalam kisaran waktu setelah kata kunci
mengkonfirmasi switch
Ø ekspresi harus mengevaluasi ke
char, int, pendek, atau byte.
· Setiap pernyataan
cabang dalam sebuah pernyataan switch diawali dengan kata cadangan, diikuti
oleh sebuah konstanta yang disebut label kasus, diikuti oleh titik dua, dan
kemudian urutan laporan
v Setiap kasus harus diberi
label dengan jenis kasus yang sama perlu mengendalikan ekspresi
v Label tidak terdaftar atau
span interval lengkap,
v Tetapi masing-masing dapat
terjadi sekali agar setiap laporan dapat diikuti dengan pernyataan istirahat
(istirahat;)
· Mungkin juga ada bagian
berlabel Default:
v default adalah opsional, dan
biasanya berlangsung
v Bahkan jika kasus label
termasuk semua hasil yang mungkin dalam sebuah pernyataan dari switch tertentu,
itu masih merupakan praktik yang baik untuk menyertakan bagian default
Ø dapat digunakan untuk
kesalahan output pesan, misalnya
· ketika mengendalikan
ekspresi lalu dievaluasi, kode untuk label yang nilainya sesuai dengan kasus
mengendalikan ekspresi dieksekusi
v Jika label tidak cocok dengan
kasus ini, maka laporan hanya dilakukan oleh mereka dengan mengikuti label
default (jika ada satu)
· Pernyataan Switch
berakhir ketika menjalankan sebuah pernyataan istirahat, atau ketika akhir
pernyataan switch dicapai
v ketika komputer menjalankan
laporan setelah label kasus, terus sampai break tercapai
v jika melanggar diabaikan, maka
setelah melaksanakan kode untuk satu kasus, komputer akan melanjutkan untuk
mengeksekusi kode untuk kasus berikutnya
v Jika break tidak sengaja
mengabaikan, compiler tidak akan mengeluarkan pesan kesalahan
Pernyataan Switch
switch (Controlling_Expression)
{
case Case_Label_1:
Statement_Sequence_1
break;
case Case_Label_2:
Statement_Sequence_2
break;
case Case_Label_n:
Statement_Sequence_n
break;
default:
Default_Statement
Sequence
break;
}
Operator bersyarat
· operator Bersyarat
adalah varian notational dari beberapa bentuk pernyataan istilah
v kata lain disebut juga
operator ternary atau aritmetika , contoh
if (n1 > n2) max = n1;
else max = n2;
vs.
max = (n1 > n2) ? n1 : n2;
v Ekspresi di sebelah kanan
operator penugasan adalah operator ekspresi dari ekspresi kondisional Boolean
v Jika benar, maka ekspresi
dievaluasi ke nilai ungkapan pertama (n1), selain untuk mengevaluasi nilai dari
ekspresi kedua (n2)
Ekspresi Boolean
· Ekspresi Boolean adalah
ekspresi benar atau salah
· ekspresi Boolean yang
paling sederhana untuk membandingkan nilai dari dua ekspresi <== myScore
yourScore waktu batas
v Catatan bahwa Java menggunakan
dua tanda sama dengan (==) untuk pengujian kesetaraan: A sama satu sign (=)
digunakan hanya untuk tugas Ekspresi
v Boolean yang ditutupi dalam
kurung tersebut tidak diperlukan, kecuali ia digunakan dalam pernyataan jika
Perangkap menggunakan string
v Kesetaraan operator perbandingan
(==) dengan benar dapat menguji dua nilai dari tipe primitif,
v namun ketika diterapkan pada
dua benda sebagai obyek uji String kelas == untuk melihat jika mereka disimpan
dalam lokasi memori yang sama, bukan apakah atau tidak mereka memiliki
v Untuk sedikit nilai tes yang
sama dua tali untuk melihat apakah mereka memiliki nilai yang sama, menggunakan
metode yang serupa dengan, atau equalsIgnoreCase
string1.equals(string2)
string1.equalsIgnoreCase(string2)
Leksikografis dan urutan abjad
· Leksikografis server sama dengan ASCII
server, termasuk huruf, angka, dan huruf besar lainnya
v Semua karakter dalam urutan
abjad, dan huruf kecil semua dalam urutan abjad, tetapi huruf kapital semua
datang sebelum huruf kecil
v Jika s1 dan s2 adalah dua
variabel jenis String yang telah diberi nilai String, kemudian s1.compareTo
(s2) return angka negatif jika datang sebelum s1 s2 dalam rangka leksikografis,
kembali nol jika kedua string sama, dan kembali angka positif jika s1 s2
· Ketika datang sebelum
melakukan perbandingan alfabet dari string (bukan perbandingan leksikografis),
yang terdiri atas campuran huruf kecil dan huruf besar, gunakan metode tidak
compareToIgnoreCase
Membuat ekspresi Boolean
· Ketika dua ekspresi
yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "dan" (& &)
operator, seluruh ekspresi benar memberikan dua ekspresi benar
v jika ekspresi salah
· Ketika dua ekspresi
yang dikombinasikan dengan menggunakan Boolean "atau" (| |) operator,
yang seluruh ekspresi benar selama satu ekspresi yang benar
v dari istilah ini adalah salah
hanya jika kedua ekspresi palsu
· Setiap ekspresi Boolean
dapat menegasikan menggunakan!
v Tempat operator ekspresi dalam
tanda kurung dan tempat!
· Tidak seperti operator
di depan notasi matematika, string dari pertidaksamaan harus bergabung oleh
& &
v Gunakan (min <hasil) &
& (hasil <max) daripada min <hasil <maks
Evaluasi Ekspresi Boolean
· Meskipun ekspresi
Boolean yang digunakan untuk mengontrol cabang dan laporan loop, ekspresi
Boolean dapat eksis secara independen atau variable
v Boolean dapat diberikan nilai
ekspresi Boolean menggunakan
· Boolean Expression
tugas laporan dapat dievaluasi dengan cara yang sama bahwa ekspresi aritmatika
dievaluasi
v Satu-satunya perbedaan adalah
bahwa ekspresi aritmatika menghasilkan sejumlah sebagai hasilnya, sementara
ekspresi Boolean menghasilkan baik benar atau salah sebagai akibatnya mereka
boolean madeIt = (time < limit) && (limit < max);
Truth Tables
D3_5
Hubungan singkat dan Evaluasi lengkap
· Java dapat mengambil
jalan pintas ketika mengevaluasi bagian pertama dari ekspresi Boolean hasil
dari bagian kedua bahwa evaluasi tidak dapat mengubah
· disebut sirkuit
evaluasi singkat atau evaluasi malas,
v misalnya, ketika mengevaluasi
dua subexpressions Boolean bergabung oleh & &, jika yang pertama
subexpression mengevaluasi ke false, maka ekspresi akan mengevaluasi seluruh ke
false, tidak peduli nilai subexpression
v kedua cara itu, ketika
mengevaluasi dua subexpressions bergabung dengan Boolean | |, jika
subexpression pertama mengevaluasi true, maka ekspresi akan mengevaluasi
seluruh menjadi true
· Ada saat-saat ketika
menggunakan evaluasi hubung singkat dapat mencegah kesalahan runtime
v contoh berikut, jika jumlah
anak-anak adalah sama dengan nol, maka subexpression kedua tidak akan
dievaluasi, sehingga mencegah membagi dengan nol kesalahan
v Perhatikan bahwa urutan
terbalik dari subexpressions tidak akan mencegah hal ini
if ((kids !=0) && ((toys/kids) >=2)) . . .
· Kadang-kadang lebih
baik untuk selalu mengevaluasi kedua ekspresi, yaitu permintaan untuk evaluasi
yang lengkap
v Dalam hal ini, menggunakan
& dan | operator daripada & & dan | |
Pendahuluan dan peraturan Associativity
· Boolean dan ekspresi
aritmatika tidak perlu sepenuhnya kurung
· Jika beberapa atau
semua tanda kurung dihapus, Java akan mengikuti preseden dan aturan
associativity (diringkas dalam tabel berikut) untuk menentukan urutan operasi
v jika satu operator terjadi
lebih tinggi dalam tabel dari siapapun lain, memiliki hak yang lebih tinggi dan
dikelompokkan dengan operan sebelum hak operator rendah
v Jika dua operator memiliki hak
yang sama, maka aturan associativity untuk menentukan yang dikelompokkan
pertama
D3_6
mengevaluasi ekspresi
· Secara umum, kurung
dalam ekspresi dapat untuk membantu dokumen programmer
v Daripada mengandalkan aturan
protokoler dan associativity, yang terbaik adalah memasukkan tanda kurung siku,
kecuali arti yang diinginkan jelas
· Binding: Hubungan dari
operan dengan operator mereka
v ekspresi kurung menyelesaikan
dan sepenuhnya mengikat untuk semua operator dalam ekspresi
· Side Effects: Bila,
selain untuk nilai-nilai, ekspresi mengubah sesuatu, seperti nilai-nilai dari
variable
v tugas, meningkatkan dan
operator penurunan semua menghasilkan efek samping
Aturan untuk mengevaluasi ekspresi
· Tentukan setara
v sepenuhnya melakukan ekspresi
mengikat menggunakan kurung yang benar dan aturan associativity
· Prosiding kiri ke
kanan, mengevaluasi apa yang bisa segera dievaluasi subexpressions
v subexpressions atau metode
argumen, misalnya, evaluasi konstan atau variabel numerik
· untuk setiap operasi
asing dan metode permintaan sesegera semua operator (argumen yaitu) telah
dievaluasi
Pengulangan
· Loop di Java sama
dengan dalam bahasa tingkat tinggi lain
· java memiliki tiga
jenis laporan loop: Sementara itu, sementara agenda, dan melaporkan
v kode berulang dalam satu
lingkaran loop disebut tubuh disebut tubuh
v masing-masing loop-loop
iterasi putaran
Pernyataan While
· Sebuah pernyataan yang
sementara digunakan untuk mengulang bagian dari kode tersebut (yaitu, tubuh
loop) berdasarkan evaluasi ekspresi
v ekspresi Boolean Boolean
diperiksa sebelum tubuh loop dijalankan
Ø ketika salah, tubuh loop tidak
dijalankan sama sekali
v sebelum pelaksanaan setiap
loop iterasi berikut tubuh, ekspresi Boolean diperiksa kembali
Ø Jika itu benar, tubuh loop
dijalankan lagi
Ø Jika salah, pernyataan itu
mengakhiri loop
v tubuh loop dapat terdiri dari
sebuah pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi dalam sepasang kurung
(())
Pernyataan Do- while
· Do- while pernyataan
yang digunakan untuk menjalankan beberapa kode (misalnya, tubuh loop), kemudian
ulangi berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean
v dari tubuh loop dieksekusi
sedikitnya satu kali dalam ekspresi
Ø Boolean diperiksa setelah
tubuh loop dijalankan adalah
· ekspresi Boolean
diperiksa setelah setiap iterasi dari tubuh loop
v Jika benar, tubuh loop
dijalankan lagi
v Jika palsu, pernyataan loop
ujung
v Jangan lupa untuk meletakkan
titik koma setelah ekspresi Boolean
· Sebagai laporan sementara,
tubuh loop dapat terdiri dari pernyataan tunggal, atau pernyataan yang ditutupi
dalam sepasang tanda kurung (())
Algoritma dan kode pseudo
· Bagian yang sulit untuk
memecahkan masalah dengan program komputer tidak berurusan dengan aturan sintaks
bahasa pemrograman
· Sebaliknya, ia datang
dengan metode solusi yang mendasari adalah bagian paling sulit
· algoritma adalah satu
set instruksi yang tepat yang mengarah ke solusi
v algoritma biasanya ditulis
dalam pseudo, yang merupakan campuran bahasa pemrograman dan bahasa manusia,
seperti bahasa Inggris
v Pseudocode harus tepat dan
cukup jelas sehingga seorang programmer yang baik dapat dikonversi menjadi
sintaktis kode yang benar,
v bagaimanapun, adalah jauh
lebih kaku daripada kode pseudo : Orang tidak perlu khawatir tentang poin
sintaksis atau negara bagian variabel, misalnya
Pernyataan For
· Untuk klaim yang paling
sering digunakan untuk langkah melalui variabel integer tahap yang sama
· diawali dengan kata
kunci for, diikuti dengan tiga ekspresi dalam kurung yang menjelaskan apa yang
harus dilakukan dengan satu atau lebih variabel untuk mengontrol
v ekspresi pertama memberitahu
bagaimana variabel kontrol atau variabel diinisialisasi atau dideklarasikan dan
diinisialisasi sebelum iterasi pertama
v ekspresi kedua menentukan
waktu loop harus berakhir, berdasarkan evaluasi ekspresi Boolean sebelum setiap
iterasi
v ekspresi ketiga menceritakan
bagaimana variabel kontrol atau variabel akan diperbarui setelah setiap tubuh
loop iterasi
Pernyataan syntax for
for (inisialisasi; Boolean_Expression; Update) Badan
· Pengawas dapat terdiri
dari pernyataan tunggal atau daftar laporan tertutup dalam sepasang tanda
kurung (())
· Perhatikan bahwa tiga
ekspresi kontrol dipisahkan oleh dua,, bukan tiga titik koma
· Perhatikan bahwa ada
tidak ada titik koma setelah kurung tutup pada awal loop
Tanda koma dari pernyataan for
· for loop dapat berisi
beberapa inisialisasi tindakan dipisahkan oleh koma
v Perhatian harus digunakan
ketika menggabungkan sebuah deklarasi dengan beberapa tindakan
v ini ilegal untuk menggabungkan
beberapa jenis deklarasi dengan beberapa tindakan, seperti
v Untuk menghindari masalah yang
mungkin, yang terbaik adalah untuk menyatakan semua variabel luar pernyataan
for
· A untuk loop dapat
berisi tindakan memperbarui beberapa, dipisahkan dengan koma juga Hal
v ini bahkan dimungkinkan untuk
menghilangkan tubuh loop di jalan,
· namun, untuk loop hanya
dapat berisi satu ekspresi Boolean untuk menguji loop akhir
Infinity loop
· While,do-while atau for
loop harus dirancang agar nilai yang diujikan dalam ekspresi Boolean berubah
dengan cara yang akhirnya membuat palsu, dan mengakhiri loop
· Jika ekspresi Boolean
tetap benar, maka loop akan terus, mengakibatkan Loops infinite
v loop yang memeriksa kesetaraan
atau ketidaksetaraan (== atau =)! sangat rentan terhadap kesalahan dan harus
dihindari jika mungkin
Loop Bersangkar
· Loop dapat diulang,
seperti Java lainnya Jika struktur bersarang, loop iterates dari awal hingga
akhir untuk setiap iterasi loop tunggal dari luar
int rowNum, columnNum;
for (rowNum = 1; rowNum <=3; rowNum++)
{
for (columnNum = 1; columnNum
<=2;
columnNum++)
System.out.print(" row
" + rowNum +
"
column " + columnNum);
System.out.println();
}
The break and continue Statements
· Pernyataan Break
terdiri dari kata kunci yang diikuti oleh jeda koma
v Ketika dieksekusi, istirahat
yang berakhir saklar terdekat atau pernyataan loop
· melampirkan resume
terdiri dari laporan kata kunci yang terus diikuti dengan titik koma
v Ketika dieksekusi, pernyataan
itu terus akhir loop arus tubuh iterasi loop
v Catatan terdekat melampirkan
pernyataan yang di buat untuk loop, terus transfer ke pernyataan kontrol
ekspresi memperbarui
· Bila laporan nested
loop, ingat bahwa setiap istirahat atau terus berlaku untuk laporan terdalam,
yang berisi pernyataan loop
Pernyataan berlabel break
· Ada jenis break, bila
digunakan dalam sebuah loop bersarang, akhir loop masing-masing dapat berisi,
tidak hanya loop loop terdalam
· Jika pernyataan dengan
melampirkan berlabel Identifier, maka versi berikut laporan istirahat akan
keluar loop diberi label, bahkan jika tidak loop terdalam melampirkan:
istirahat someIdentifier;
· Untuk label lingkaran,
cukup mendahuluinya dengan Identifier dan usus: someIdentifier:
Pernyataan Exit
· Pernyataan Break
mengakhiri loop atau pernyataan switch, tetapi tidak akan mengakhiri
· pernyataan exit dari
program akan segera mengakhiri program secepat itu disebut: System.exit (0);
· Pernyataan exit
mengambil satu argumen integer Dengan tradisi, sebuah argumen nol digunakan
untuk mengindikasikan akhir normal dari program
Loop bugs
· Dua jenis yang paling
umum adalah kesalahan-infinite loop loop yang tidak diinginkan dan
off-oleh-satu kesalahan
v sebuah-off dengan satu
kesalahan adalah ketika loop loop mengulangi tubuh terlalu banyak atau terlalu
sedikit satu kali
Ø biasanya merupakan hasil dari
boolean ekspresi pengujian dirancang secara sewenang-wenang
· Penggunaan == dalam
ekspresi Boolean untuk mengontrol dapat menyebabkan infinite loop atau
kesalahan off-demi-satu jenis pengujian
v ini bekerja hanya untuk
karakter dan bilangan bulat, dan tidak harus digunakan untuk floating-point
Pernyataan pelacakan
· Tracing variabel
melibatkan menonton satu atau lebih variabel perubahan nilai ketika sebuah
program sedang berjalan mungkin membuatnya
· lebih mudah untuk
menemukan kesalahan dalam sebuah program dan debug mereka
· Banyak IDE (Integrated
Development Environment) memiliki built-in variabel utilitas yang memungkinkan
untuk dilacak tanpa membuat perubahan
· Cara lain untuk melacak
program ini hanya memasukkan variabel output sedangkan pernyataan program
System.out.println ("n =" + n); / / Jejak n Ketika kesalahan
ditemukan dan diperbaiki, laporan mungkin sederhana jejak komentar
Pernyataan tuntutan
· pernyataan adalah
kalimat yang mengatakan (negara bagian) sesuatu tentang keadaan pernyataan
v Sebuah program harus benar
atau salah, dan harus benar jika program ini berfungsi dengan benar
v pernyataan dapat ditempatkan
dalam program Java sebagai pernyataan komentar
· Java dapat memeriksa
apakah benar menegaskan pernyataan Boolean_Expression;
v Jika Boolean_Expression
memeriksa pernyataan ini dan menilai dan diaktifkan untuk palsu, program
berakhir, dan output sebuah pernyataan gagal pesan kesalahan
v Jika tidak, eksekusi program
selesai biasanya
· Sebuah program atau
kelas-kelas lain yang berisi pernyataan yang disusun dengan cara yang biasa
· Setelah kompilasi, program
dapat dijalankan dengan memeriksa pernyataan atau menonaktifkan
v biasanya sebuah program
berjalan dengan memeriksa pernyataan off
v Untuk menjalankan program ini
dengan memeriksa pernyataan ini diaktifkan, gunakan perintah berikut ini
(menggunakan ProgramName aktual): java-enableassertions ProgramName
java –enableassertions ProgramName (To Be continue.......)
untuk lebih lengkapnya silahkan download disini
0 Response to "Makalah Java metode notepad dan command prompt"
Posting Komentar